Copycat Iman

Era ini menurut Burke Hedges adalah era Copycat. Era saling tiru meniru praktek bisnis di bidang apa saja, meskipun di luar industri yang digeluti. Ide pembuatan deodorant roll on konon kabarnya idenya berasal dari konsep ballpoint. Kedai roti Bread Talk yang begitu ramai itu saya yakin juga mengadopsi dari bisnis lain. Konsep dapur terbuka dan fresh from the oven itu mirip dengan konsep restoran sea food. Konsep fresh from the oven ini kemudian juga ditiru oleh Zara, perusahaan fashion dari Spanyol yang lagi naik daun saat ini. Bayangkan, sebuah model baru hanya membutuhkan waktu 10 hari mulai dari disain hingga sampai ke cabang-cabangnya di seluruh dunia. Koleksi busananya selalu berganti seminggu sekali dan itu dikirim dari pusatnya di Spanyol.

Meniru merupakan salah satu fitrah yang melekat pada diri manusia. Kesadaran akan adanya sifat dasar ini sangat penting, dan yang lebih penting lagi memahami dan menghayati bahwa sifat-sifat itu disamping berpotensi menuju ke arah positif (takwa) juga berpotensi menuju ke arah negatif (kefasikan) sebagaimana firman Allah dalam surat Asy-Syams (91) ayat 7-10 :
” dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya), maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.”

Meniru Penghuni Syurga

Meniru kepada yang sukses itu karena ingin sukses…
Meniru kepada yang berhasil itu karena ingin berhasil…
Keinginan terhadap sesuatu mendorong diri untuk mencari siapa yang sudah mencapai,mendapatkan dan memperoleh keinginan itu…

Iman yang tertanam, keyakinan yang terhujam, kerinduan yang tak terbendung oleh senandung.. pesona syurga yang tergambar dalam hamparan ayat-ayat Ilahi yang sejatinya tak bisa tergambarkan oleh imagi akli memberi hasrat tanpa syarat tuk merengkuh harap dapat syafaat tuk berjumpa “Sang Kekasih Hati”.

“Barang siapa mengharap penjumpaan (liqa) dengan Tuhannya, maka hendaklah mengerjakan amal saleh dan tidak menyekutukanNya.” (QS 18.Al Kahfi: 110)

Kebohongan pada publik diri manakala apa yang menjadi hasrat tak tergadaikan dengan langkah dan upaya, dengan usaha dan kerja, dengan memenuhi segala apa yang diwajibkan, disyaratkan di kudukan oleh “Sang Kekasih Hati”.. Apa yang dikudukan oleh Sang Kekasih bukan hal yang gampang tetapi bukan pula hal yang sulit, bukan lah yang mudah tetapi bukan pula hal yang susah… sikap pasrah berserah pada Sang Kekasih bukan sifat gundah keluh kesah dan susah..

“Bagi yang takwa kepada Tuhannya, dan mencegah diri dari hawa nafsunya, maka Surgalah tempat tinggalnya.” (QS.79:41)

Aku sang peniru untuk mendapat apa yang ku mau… aku sang peniru untuk meraih syurga yang dituju.. maka langkahku hanya satu AMBIL APA YANG DIBAWA OLEH NABIKU.. IKUTI LANGKAH ROSULKU TUK DAPAT CINTA SANG KEKASIH HATIKU….

“Ambillah yang dibawa nabi kepadamu, dan hindarilah yang dilarangnya.” Katakanlah: “jika kau mencintai Allah, ikutilah aku, maka Allah akan mencintaimu.” (QS.3:31)

2 Komentar

Filed under Katanya Mukmin

2 responses to “Copycat Iman

  1. Hakekat manusia adalah peniru .. ada yang niru baek ada jg yg niru jelek

  2. Subhanallah…
    Insya Allah, untuk catatan “Ikutilah jalan Allah dan Rasulullah“.
    (Smoga kita senantiasa mengingatnya selalu, Amin)

    Salam hangat saudaraku, Haniifa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s