Masyarakat Lebah

“ Perumpamaan orang mu’min itu adalah laksana lebah: jika dia makan, maka yang dimakannya benda yang baik, dan jika dia mengeluarkan isi perutnya maka yang keluarpun barang yang baik juga” (Hadist Rosululloh)

Lebah hidup selalu ada dalam kesatuan organisasi yang berdisiplin dan penuh semangat solidaritas. Masing-masing bergerak dengan aktif melaksanakan program bersama dalam kerangka memikul tugas yang ditetapkan Allah bagi makhluk jenisnya.

Mereka mencari makan dari bunga-bungaan yang indah dan buah-buahan yang baik, seraya menjalankan peranan sebagai juru jodoh antara tumbuh-tumbuhan demi kelestarian alam. Sore harinya mereka kembali kerumah yang mereka bangun bersama, lalu melanjutkan tugasnya mengumpulkan hasil pengolahan alat pencernaannya yang keluar sebagai minuman yang lezat dan dapat pula menjadi obat, yakni madunya.

Yang menarik hati pula halnya hinggap tidak merusak, meskipun yang dihinggapinya itu kelopak bunga yang amat halus dan peka atas rabaan. Mereka tidak berminat menggangu siapa saja, tetapi bila mereka diganggu mereka serentak bereaksi melakukan pembelaan mati-matian. Diminta atau tidak diminta mereka bertanam jasa, dan mereka tidak akan pindah tempat sebelum meninggalkan jasa dalam bentuk madu dan lilin.

Indahnya kehidupan lebah dimonumenkan tersendiri dalam Kalamullah sebagai salah satu nama surat yaitu An-Nahl (Lebah). Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 68-69 bercerita tentang kehidupan lebah sebagai tanda kebesaran Allah bagi siapapun manusia yang Tafakur (berfikir).

Memang dalam al-Qur’an kita banyak menemukan perumpamaan yang menarik hati dan mencerdaskan fikiran, untuk mengisi filosofi hidup manusia, sehingga hidupnya itu mempunyai ma’na, guna dan jasa. Maha Suci Allah yang telah berfirman :

“ Perumpamaan-perumpamaan itu kami berikan kepada manusia, tetapi yang mampu memahaminya hanyalah orang-orang yang berilmu jua adanya” (Al-Qur’an : 29 :43).

Filosofi Hidup Mu’min.

Merumuskan secara eksak filosofi hidup yang dianut seseorang, temasuk satu pekerjaan otak yang sulit, meski disadari atau tidak masing-masing orang mengnanut satu filosofi hidup yang mendorong bergerak, berbuat, beraksi, bereaksi, berfikir dan merenungkan persoalan dengan sungguh-sungguh, bahkan juga berjuang dan berkorban. Filosofi hidup itulah yang membentuk dan mewarnai pribadinya, lalu tercermin dalam sikap dan tingkah laku sehari-hari.
Agama Islam adalah pedoman hidup, oleh karena itu secara umum dapatlah dikatakan Islam itulah filosofi hidup seorang muslim.

Bila lebah dalam hidupnya mempunyai ma’na, guna dan jasa. Apa ma’na, guna dan jasa dari hidup seorang mu’min muslim?.

Kunci dari kehidupan yang memiliki ma’na, guna dan jasa, apabila manusia tidak mengingkari ni’mat Allah atau mampu bersyukur.

“ Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun. Dan Dia memberi kamu pendengaran (Sama’), penglihatan (Bashor) dan hati (Fu’ad). Agar kamu bersyukur (Al-Qur’an : 16:78).

Makna syukur adalah mendaya-gunakan segala potensi yang telah Allah anugrahkan berupa pendengaran dan penglihatan (Potensi Akliyah), hati (Potensi Ruhiyah) dan jasad (Potensi Jasmaniyah), supaya berserah diri hanya kepada Allah saja.

Ini berarti bahwa seorang muslim itu dengan segala senang hati menempatkan dirinya di dalam posisi sebagai hamba Allah, yakni mentaati perintah dan petunjuk-Nya dengan keyakinan bahwa semua perintah dan petunjuk itu adalah baik dan benar, sedangkan hakekat isinya adalah untuk kepentingan dan kebahagiaan mereka sendiri. Allah sendiri tidak mempunyai kepentingan apa-apa dalam menggariskan perintah dan petunjuk itu Dia Maha Sempurna,
dan oleh karena itu tidak memerlukan sesuatu apapun dari makhluk-Nya. Perintah dan petunjuk itu tidaklah lain dari pancaran rahmat-Nya untuk hamba-Nya.

Maka bila kita kembali mengambil pelajaran (ibrah) dari kehidupan lebah yang telah diceritakan diatas, maka ada beberapa pokok ciri kehidupan yang mesti di laksankan oleh seorang muslim yaitu :

  1. Hidup selalu ada dalam kesatuan organisasi (Jama’ah) yang berdisiplin dan penuh semangat solidaritas.
  2. Masing-masing bergerak dengan aktif melaksanakan program bersama dalam kerangka memikul tugas dan amanah yang ditetapkan Allah.
  3. Memiliki manfaat bagi muslim yang lainnya (Melaksanakan kewajiban antara sesama muslim). Diminta atau tidak diminta bertanam jasa
  4. Melakukan pembelaan mati-matian bagi kepentingan Masyarakat Islam

5 Komentar

Filed under Hikmah Indah

5 responses to “Masyarakat Lebah

  1. Sungguh lebah telah dimuliakan oleh Allah dan bisa jadi perbelajaran yang baik. Terima kasih🙂

    ————–
    Mas Blankon : Semoga kita bisa mengambil hikmahnya … trimakasih dah berkunjung kemari🙂

  2. Waaah indah skali kalo masyarakat kita seperti “masyarakat lebah” …

    Salam Perubahan

    ———
    Mas Blankon : Hatur Trimakasih sudah berkunjung di blog yang baru ini … mohon bimbingannya🙂

  3. KangBoed

    Hmm.. andai manusia mau menemukan JATI DIRInya dan menjadi manusia seutuhnya.. maka mereka hidup dalam CINTA dan KASIH SAYANG

    ————-
    Hatur Nuhun atas Tausyiahnya … Semoga kita dpt menemukan Jati Diri Sesungguhnya

  4. Tanpa menghormati dari isi artikel anda kami denature indonesia hanya sekedar memberikan solusi obat herbal untuk penyakit yang sedang anda deerita, mohon dimaafkan jika tidak berkenan obat wasir herbal ampuh

  5. Sipilis adalah salah satu dari banyak penyakit seksual menular. Seperti yang disebutkan penyakit sipilis merupakan penyakit yang menyerang organ seksual baik pria dan wanita melalui hubungan badan atau hubungan seksual yang dilakukan dengan penderita. Meskipun penyakit ini adalah satu dari banyak penyakit berbahaya masih sedikit orang mengetahui apa itu sipilis penyebab sebenarnya sipilis serta bagaimana tindakan pencegahan serta penanganan untuk penyakit ini. Nah berdasarkan artikel yang ditulis onhealth.com berikut adalah halhal yang perlu diketahui tentang sipilis yang terjadi pada wanita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s