Lidah Kebenaran

(Ibrahim berdo`a): “Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh, dan jadikanlah bagiku lidah kebenaran , menjadi sebutan dan pujian dari umat yang akan datang” (Qs. as-Syu’ara : 83-84)

“Simpanlah lisanmu, kecuali untuk berkata yang baik, sebab dengan demikian engkau dapat mengalahkan godaan syetan” (Hadist diriwayatkan oleh Thabrani dan Ibnu Hibban)

Dakwah artinya seruan, ajakan atau panggilan. Mendakwahkan suatu keyakinan artinya mengkomunikasikan sesuatu keyakinan kepada orang lain. Dakwah Islamiyah artinya menyampaikan pesan/seruan Islam, mengajak dan memanggil ummat manusia, agar menerima dan meyakini Allah saja yang Wajib di sembah dan agar manusia menerima pandangan hidup Islam secara utuh dan menyeluruh (Kaffah).

Firman Allah swt :

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?” (QS. 41:33)

“Maka sampaikanlah olehmu secara terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari orang-orang yang musyrik. ”(QS. 15:94).

“Katakanlah: “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”.(QS. 12:108)

Tiga ayat diatas jelas menegaskan bahwa Dakwah adalah kewajiban ‘ainiyah (setiap individu) yang Allah perintahkan, kepada ummat yang mu’min dan muslim.

Islam adalah ajaran yang penuh dengan dinamik dan militansi. Seluruh ajaran Islam memerintahkan ummatnya untuk beramal, bertindak, giat dan berjuang atas dasar keyakinan yang Haq. Setiap muslim otomatis menjadi juru dakwah, bila dan dimana saja.

Allah menyeru (manusia) ke Darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus (Islam). (Qs. Yunus : 25)

Serulah Manusia ke jalan Rabb-mu (Qs. An-Nahl : 125)

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu. (QS. al-Baqarah : 207)

Sesungguhnya jalan dakwah adalah jalan yang ditempuh oleh para Nabi/Rosul, para Shiddiiqiin, para Syuhada, dan orang-orang sholeh. Setiap dari mereka senantiasa menjadi barisan terdepan dalam menggugah fitrah manusia untuk bertauhid dan menjadi aktor dalam membangun tatanan masyarakat yang dikehendaki oleh Allah yaitu Mulkiyah Rabbaniyyah.

Allah swt telah memberikan Rahmat, Karunia, dan Maghfirah kepada mereka umat Islam sejak jaman Nabi Adam sampai Nabi Muhammad saw, dan mereka yang ta’at pada Allah dan Rosul-Nya tak henti-hentinya melanjutkan misi Risalah yang diwariskan kepada ummat selanjutnya.

Umat Islam adalah pewaris utama di dunia untuk men-Dakwah-kan Iman dan keyakinannya, dengan keyakinan yang ada padanya. Menghantarkan keyakinan dengan keyakinan, menyampaikan Iman dengan keimanan di dalam dadanya, menyampaikan seruan Allah karena Allah telah memerintahkannya.

“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (Qs.3 : 110)

14 Komentar

Filed under Dakwah

14 responses to “Lidah Kebenaran

  1. Met ramadhan ……..
    moga2 lidah bisa terjaga …

  2. Salam Kebenaran..

    Berani karena Benar dan Takut karena Salah..
    Salam Kejujuran dan Keadilan..

    Salam Merdeka Juragan..
    Sekali Merdeka tetap Merdeka..
    Merdeka Untuk Selama-lamanya
    Jayalah Bangsaku..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/08/16/bangsaku-indonesia-namanya-bangsamu-apa-namanya/

  3. Subhanallah
    Jadi malu sayah sama @Mas Blankon… 😦
    Hatur tenkiu, telah di ingatken… lidah bisa diartiken tulisan tangan juga… huhuhu
    Marhaban yaa ramadhan….

    Wassalam, Haniifa.

  4. Marhaban Yaa Ramadhan,
    Semoga kita siap menghadapi ramadhan,
    Terima kasih mas blankon atas postnya🙂

  5. KangBoed

    Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Jiwa yang Tenang

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  6. Pencerahan yang benar-benar mencerahkan mas, selama ini ada sebagian orang yang punya anggapan kalau dakwah hanya kewajiban para da’i (ustadz, ajengan, kiyai, ulama dll). Padahal sebenarnya dakwah adalah wajib a’in yang artinya nutu kaunggal hulu notok kaunggal babatok. Dan saat berdakawah harus memperhatikan situasi dan kondisi seperti yang telah dibahas mas balnkon di atas.
    Ok…. Met shaum Ramadlan
    Semoga kita semua bisa melakasnakan dg lillahi ta’;ala
    SAlaaaaaaaaaaaaaam
    Intanshurullaha yanshurkum

  7. Selamat siang Juragan..

    Ada oleh-oleh award dari AnakBangsa..

    sekalian ada misi rahasia..hehe..

    Salam AnakBangsa..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/08/19/wew-celoteh-award-anakbangsa/

  8. Assalamualaikum wr.wb.
    Selamat datang dlm penerbangan RAMADHAN AIR tujuan Bandara Internasional IDUL FITRI dgn nomor penerbangan 1430 H dengan ketinggian 2009 M dari permukaan laut,
    Tidak lama lagi kita akan menempuh penerbangan yg berjarak tempuh 30 hari & akan memasuki wilayah PUASA.
    Mari tegakkan kursi IMAN serta sandaran TAQWA.
    Bila terjadi guncangan dlm perjalanan, pasang selalu sabuk ZIKIR, TAHAJUD & SEDEKAH JARIAH.
    Pilot anda…AL ISLAM dan Copilot ALQURANUL KARIM Bersama Pramugari Rahmah, Maghfirah dan Jannah.
    Kami selalu berharap dpt menerbangkan anda kembali menuju negeri JANNATUN NAIM pd kesempatan berikutnya. ALLAHUAKBAR…! Mohon maaf lahir dan batin.
    KangDadang Sekeluarga

  9. Hatur tangkyu mas blankon sudah bergabung dng kami😉

  10. Your greatest strength is the courage to try and also the courage to fail

  11. Tanpa menghormati dari isi artikel anda kami denature indonesia hanya sekedar memberikan solusi obat herbal untuk penyakit yang sedang anda deerita, mohon dimaafkan jika tidak berkenan cara mengobati wasir secara herbal

  12. Untuk ke depannya jika sifilis ditangani dengan baik pada awal terkena sifilis akan memberikan hasil yang cukup baik. Salah satu penanganan penyakit sifilis yang baik seperti yang dilakukan oleh Pengobatan Tradisional segerwarase . Pengobatan tradisional ini dapat menyembuhkan penyakit sifilis dengan baik bahkan mereka bisa membuktikannya secara laboratorium. Bukti Hasil Laboratorium pasiennya yang sudah sembuhpun terpampang disitusnya. Jadi pengobatan tradisional pun ternyata dapat menyembuhkan penyakit sifilis dengan buktibukti. Silahkan kunjungi link berikut ini untuk mengetahui Situs Resmi Pengobatan Tradisional Anda terkena Kencing Nanah atau Sipilis tapi enggan pergi keluar rumah untuk memeriksakan ke dokter karena malu atau sebagainya ? tidak perlu takut dan khawatir karena kami punya solusinya. Kami tawarkan Obat Sipilis herbal ampuh dari Denature Indonesia yang sudah terbukti mampu mengobati kencing nanah dan sipilis jadi anda tidak perlu repot lagi keluar rumah untuk mencari obat kencing nanah dan obat sipilis .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s